Pengertian Perangkat Lunak Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Perangkat Lunak Fungsi dan Jenisnya - sebagaimana kita ketahui (Buat yang tau hehehe) perangkat lunak adalah sebuah program atau aplikasi yang dapat kita gunakan sebagai pendukung dari sebuah hardware.

untuk kegunaan dan fungsinya perangkat lunak atau software Komputer tergantung dari jenis perangkat lunak terseebut karena perangkat lunak memiliki banyak jenisnya dan dapat dibedakan melalui fungsi dan kegunaannya, namun saat ini saya tidak akan membahas tentang fungsi dan kegunaannya. 

Pengertian Perangkat Lunak Fungsi dan Jenisnya


Yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai Jenis Jenis perangkat keras komputerr adapun beberapa jenis perangkat lunak komputer adalah sebagai beriku :

Perangkat lunak Sistem Operasi

Perangkat lunak sistem operasi adalah sebuah media perangkat lunak, yang mengatur dan mengurus semua kinerja komputer dan mengoptimalkan kinerja dari prosessor. Secara singkat dapat di simpulkan bahwa Perangkat lunak sistem operasi adalah sebuah perangkat sistem yang mengatur proses pengoperasian komputer.

dan berikut merupakan beberapa contoh perangkat lunak sistem operasi yang sering digunakan oleh kebanyakan orang:

1. DOS

Sistem operasi DOS ialah system operasi yg termasuk juga CUI (Character User Interface). Artinya system operasi DOS berkomunikasi dengan user lewat karakter-karekter teks. dan kita bisa memberikan perintah pada komputer dalam bentuk teks juga.

2. WINDOWS

Sistem operasi windows yaitu sistem operasi yg memiliki penampilan grafis. Windows dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Corporation, suatu perusahaan software paling besar di dunia. Windows adalah sistem operasi yg paling tidak sedikit diperlukan utk komputer dikarenakan kelebihan sistem operasi windows adalah mudah untuk digunakan oleh siapa saja atau yang dikenal dengan user friendy.

3. UNIX

Sistem operasi unix banyak dipakai pada pc besar seperti supercomputer atau mainframe. Superkomputer ialah computer yg diperlukan pada perusahaan besar. Superkomputer akan jalankan pengelolaan data dgn jumlah yg teramat besar lantaran di lengkapi processor yg amat cepat & memori yg teramat besar, supercomputer difungsikan oleh perusahaan besar seperti bank, Badan Pertahanan Amerika, perusahaan produsen pesawat terbang & lain-lain.

4. Linux

Sistem operasi linux dikembangkan oleh satu orang yg berkebangsaan finlandia yg bernama linus benedict torvalds, linux dikembangkan oleh sistem operasi unix . linux bisa dijalankan di Komputer. Linux meruakan sistem operasi open source . ini berarti siapa saja bisa mengembangkan linux.

perangkat lunak Perkantoran

Perangkat lunak perkantoran adalah perangkat lunak yang di program sebagai perangkat pendukung bagi orang di sebuah kantor ataupun instansi pemerintahan karena pearangkat lunak ini diperuntukan untuk mengurus sebuah berkas seperti artikel, bahan persentasi, dan lainnya.

perangkat lunak perkantoran memiliki banyak jenisnya sekatrang dengan berkembangnya jaman yang makin canggih dan orang orang makin kreatip sehingga menghasilkan sebuah karya yang tak kalah dengan aplikasi yang lain dan berikut merupakan beberapa perangkat lunak perkantoran:

1. Kingsoft Office 2007

Kingsoft Office ini dibuat dan dikenal di China dengan nama WPS Office yang merupakan salah satu produk dari sebuah pengembang software asal China yaitu Kingsoft.

2. Corel WordPerfect Office

Corel WordPerfect Office X4 menawarkan paket software yang kuat dan fitur yang banyak seperti yang ada di Microsoft Office.3. SSuite Office Software.Satu lagi aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office namun bebas lisensi, SSuite Office.

3. microsoft Ofice

Bisa di bilang mincrosoft office adalah perangkat lunak pengolah kata atau perkantoranpaling populer dan yang paling banyak digunakan karena microsoft office sangat komplitable dengan penggunanya atau juga aplikasi yang user friendli.

Perangakat lunak Browser

perangkat lunak browser adalah perangkat lunak yang digunaka untuk browsing atau berselancar di dunia internet. dan berikut adalah beberapa perangkat lunak berowser. Baca selengkapnya Perangkat Lunak Internet

Mozila Firefox

Mozilla Firefox yang aslinya bernama phoenix dan kemudian dikenal sebagai Mozilla firebird adalah peramban web antar platform gratis yang dikembangkan oleh Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Internet Explorer

Windows Internet Explorer sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer disingkat IE adalah sebuah perangkat lunak Browser yang dikeluarkan oleh Microsoft dan sertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995 pada mulanya Internet Explorer sebagai bagian dari paket plus for Windows 95

Perangkat Lunak Desain Grafis

Perangkat lunak grafis adalah perangkat ;lunak yang digunakan sebagai pengolah gambar baikitu proses pengeditan maupun proses pembuatan. Berikut adalah beberapa perangkat lunak grafis yang banyak digunakan orang.

Corel draw

Corel draw adalah pernagkat lunak grafis yang di keluarkan oleh perusahaan corel. Corel draw adalah pernagkat lunak yang menghasilkan gambar bitmap.

Photoshop

Photoshop adalah perangkat lunak grafis yang di keluarkan atau perodak dari perusahan adobe dengan fungsi sebagai software grafis pada gambar vektor.


Pengertian Perangkat Lunak Fungsi dan Jenisnya Pengertian Perangkat Lunak Fungsi dan Jenisnya Reviewed by Unknown on 22.6.16 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.